Home » , » Air Terjun Madakaripura Yang Mengagumkan

Air Terjun Madakaripura Yang Mengagumkan

Air Terjun Madakaripura Probolinggo. Kali ini aku mau sharing pengalamanku waktu mampir ke sebuah air terjun yang menurutku beda banget dengan air terjun yang pernah aku singgahi. Namanya Madakaripura. Bila kamu pernah berlibur ke Gunung Bromo lewat Probolinggo, mungkin kamu pernah mendengar nama air terjun yang satu ini. Yupz, tempat wisata yang satu ini memang berada satu jalur dengan Gunung Bromo.

Ceritanya begini, waktu aku touring pakai motor ke Gunung Bromo, aku sempatkan mampir ke Madakaripura. Aku berangkat dari Surabaya bersama ketiga temenku naik 2 motor. Di jalan menuju Gunung Bromo, ada sebuah pertigaan yang bila kita belok kanan, kita akan menuju air terjun yang katanya tempat bersemedinya Patih Majapahit, Gajah Mada.

Dari pertigaan tersebut dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai ke lokasi air terjun. Namun dasar apes, salah satu motor yang kami tumpangi mendadak bannya bocor. Kami pun mencari tukang tambal ban terdekat. Untung saja tak jauh dari sana, ada tambal ban yang buka. Karena ban dalam yang sudah penuh tambalan, kami pun memutuskan untuk beli ban dalam yang baru. Sekitar 15 menit mengganti ban, perjalanan kami lanjutkan.

air terjun madakaripura probolinggo
Air Terjun Madakaripura
Di perjalanan yang kami lalui, terlihat beberapa kotak milik peternak madu yang berjejer di samping kanan jalan. Jadi bila kamu berkunjung kesini, jangan lupa beli madu dijamin asli. Sayangnya kami tidak beli, dikarenakan dana yang ada di kantong terbilang minim.

Di tengah jalan, kami 'dicegat'oleh penduduk sekitar yang ternyata disitulah kami harus bayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu per orang. Memang tempatnya tidak seperti loket tiket, tapi disinilah kami harus membayar tiket masuk yang tergolong murah tersebut.

air terjun probolinggo
Tempat Parkir
Sekitar 10 menit dari loket masuk, sampailah kami di tempat parkir kendaraan yang telah penuh oleh motor dan mobil. Padahal di sepanjang jalan yang kami lalui, kami tidak melihat satu mobil pun bahkan motor sangat jarang, yang ada hanya motor milik penduduk yang lalu lalang. Dengan membayar parkir sebesar Rp 3 ribu per motor, kami pun melakukan perjalanan yang 'seseungguhnya'.

Dari tempat parkir, kami harus berjalan menyusuri sungai yang penuh dengan bebatuan yang bila tidak berhati-hati kita dengan mudah akan terpeleset seperti yang aku alami. Disini juga terdapat jasa guide yang akan mengantar kita sampai ke air terjun dengan biaya sukarela (katanya).

Ternyata untuk menuju lokasi air terjun tidak semudah yang kami pikirkan. Kami harus melewati sungai dengan bebatuan yang licin. Di sepanjang jalan juga terdapat penjual makanan ringan seperti pisang goreng, tahu goreng dan minuman hangat untuk melepas lelah.

air terjun madakaripura
Sok Keren
Setelah sekitar 20 menit menyusuri jalan yang melelahkan, akhirnya kami sampai juga di tempat tujuan. Sumpah indah banget. Padahal kami belum nyampe di air terjun utama. Disini terdapat beberapa air terjun kecil yang bentuknya mirip dengan tirai atau kelambu. Disini juga dijamin kita akan basah kuyup terkena pancuran air terjunnya. Namun jangan kuatir, di sekitar air terjun terdapat pedagang yang menjual kantong plastik atau jas hujan plastik dengan harga Rp 10 ribu.

Ternyata pengunjung di air terjun Madakaripura ini lumayan banyak. Itu terlihat dari ramainya wisatawan yang datang kesini. Setelah menikmati keindahan air terjun 'kelambu' tersebut, kami menuju air terjun utama yang tak kalah indahnya.

madakaripura
Latar Air Terjun Madakaripura
Istimewa banget pemandangan air terjun utamanya. Air Terjun Madakaripura tersebut seperti berada di sebuah palung di darat. Ketinggiannya sekitar 80 meter (bukan 200 meter seperti yang ada di internet). Di bawah air terjun terdapat kolm penampungan yang bisa digunakan untuk berenang. Namun harap hati-hati, karena kedalamannya bisa mencapai 25 meter. Waktu itu kami melihat ada yang berani berenang disana.

Menurut warga sekitar, di balik air terjun tersebut terdapat rongga/goa dimana dulunya digunakan oleh Patih Gajah Mada untuk bersemedi dan menyepi. Namun dari tempat kami berada, rongga tersebut tidak terlihat. Memang keindahan air terjun Madakaripura ini sangatlah mempesona. Dibandingkan dengan air terjun-air terjun yang pernah saya kunjungi, inilah air terjun yang mempunyai eksotisme paling keren.